Tahun Akademik 2015/2016 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menerima mahasiswa baru melalui seleksi secara nasional :

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Secara mandiri Unesa membuka melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dengan 3 tahap penerimaan yakni :

  1. SPMB I khusus untuk Program Diploma III  (prestasi dan reguler)
  2. SPMB II untuk Program Sarjana                  (prestasi dan reguler)
  3. SPMB III khusus untuk Program Diploma III (prestasi dan reguler)

Ketentuan dan pelaksanaan PMB nasional diatur oleh Panitia Pusat yang berkedudukan di Jakarta, sedangkan ketentuan dan pelaksanaan PMB Mandiri Unesa dilaksanakan oleh Unesa. Status akademik mahasiswa baru adalah sama, baik melalui PMB nasional maupun mandiri.

  1. Persyaratan Umum bagi pendaftar jalur mandiri, diwajibkan mengikuti Tes yang meliputi : Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Keterampilan /wawancara.

TKPA     : Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal dan Figural.

TKD      : SOSHUM (Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi);

SAINTEK (Matematika, Biologi, Fisika, Kimia)

Tes Keterampilan /wawancara: sesuai dengan bidang studi yang dipilih

Khusus jalur Prestasi program Diploma III (prestasi) : tidak ada tes tulis tetapi wajib mengikuti uji keterampilan/wawancara serta mengumpulkan berkas kelengkapan (foto kopi nilai raport semester 1-5 yang sudah dilegalisir dan sertifikat/piagam sesuai pilihan @ 1 lembar) dan dikumpulkan ke bakpk sesuai periode pendaftaran DIII.

Jalur Prestasi untuk program Sarjana dibuka hanya untuk pendaftar Fakultas Ilmu Keolahragaan (prodi S1 Penjaskes, S1 Pend. Kepelatihan dan S1 Ilmu Keolahragaan) dengan mengumpulkan berkas (foto kopi nilai raport semester 1-5 yang sudah dilegalisir dan sertifikat/piagam sesuai pilihan @ 1 lembar) dan dikumpulkan ke bakpk sesuai periode pendaftaran Sarjana.

  1. Pendaftar harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Warga Negara Indonesia.
  • Warga Negara Asing mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Lulusan SMA/MA/SMK/MAK dalam dan/atau luar negeri tahun 2015, 2014, 2013, 2012, dan 2011. Khusus untuk Jalur Prestasi lulusan tahun 2015.
  • Dinyatakan Lulus Ujian Nasional
  • Jalur program S1 (regular) diperbolehkan memilih 2 (dua) Program Studi di kelompok SAINTEK atau 2 (dua) Program Studi di kelompok SOSHUM. Urutan pilihan menunjukkan urutan prioritas.

Jalur program S1 (prestasi) pilihan program studi hanya 1 (satu).

  • Jalur program Diploma III pilihan program studi hanya 1 (satu).

 

Pengambilan dan Pembayaran Formulir

  • Melakukan pembayaran formulir di BTN cabang di seluruh wilayah Indonesia dan akan mendapatkan nomor vouher SPMB I untuk melakukan pendaftaran online. Nomer voucher ini untuk disimpan dan bersifat rahasia.
  • Formulir pendaftaran dapat diisi dan di download dari website http://unesa.ac.id dimana saja calon pendaftar berada dengan memasukkan nomor vouher.
    PERHATIAN: nomor vouher bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja.  Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  • Langkah-langkah pendaftaran secara online sebagai berikut
  1. Calon peserta terlebih dahulu harus membaca dengan cermat Informasi/Petunjuk pendaftaran yang ada di laman http://unesa.ac.id
  2. Calon peserta melakukan pembayaran di BTN (biaya pendaftaran dan uji keterampilan/wawancara sesuai dengan jalur yang diikuti)
  3. Calon peserta melakukan pendaftaran online dengan mengisi borang (formulir) di laman http://unesa.ac.id (melalui internet) sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang/formulir ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan sebagai calon peserta tes.
  4. Cetak Kartu Tanda Peserta Ujian dengan mengunggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru) berformat JPG dengan ukuran maksimum 50 KB.
  5. Saat mengikuti tes tulis ataupun uji keterampilan/wawancara, dimohon membawa Nomor tes, jadwal tes, lokasi ujian, dan lain-lain serta hal-hal yang dipersyaratkan dalam Kartu Tanda Peserta Ujian.
  6. Calon peserta wajib menandatangani Kartu Tanda Peserta Ujian tersebut sebagai kartu tanda peserta tes Jalur SPMB Unesa Tahun 2015/2016. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian.